Rabu, 17 Juni 2015

Subjek dan Sasaran Evaluasi



A.   Subjek Evaluasi
Subjek evalusi adalah orang yang melakukan pekerjaan evaluasi. Yang dapat disebut sebagai subjek evaluasi untuk setiap tes, ditentukan oleh suatu aturan pembagian tugas atau ketentuan yang berlaku. Contoh:
1.    Untuk melaksanakan evaluasi tentang prestasi belajar atau pencapaian maka sebagai subjek evaluasi adalah guru.
2.    Untuk melaksanakan evaluasi sikap yang menggunakan sebuah skala maka sebagai subjeknya dapat meminta petugas yang ditunjuk, dengan didahului oleh suatu latihan melaksanakan evaluasi tersebut.
3.    Untuk melaksanakan evaluasi terhadap kepribadian dimana menggunakan sebuah alat ukur yang sudah terstandarisasikan maka subjeknya adalah ahli-ahli psikolog.

B.   Objek Evaluasi
Objek atau evaluasi adalah hal-hal yang menjadi pusat perhatian untuk dievaluasi. Apa pun yang telah ditentukan oleh evaluator atau penilai untuk dievaluasi, itu lah yang disebut dengan objek evaluasi.
Dengan menggunakan diagram tentang transformasi, maka yang menjadi objek evaluasi adalah semua unsur atau komponen yang ada dalam transformasi tersebut. Agar diperoleh gambaran yang menyeluruh tentang mutu dan kebenaran kinerja transformasi, maka yang dijadikan objek evaluasi adalah semua aspek yang terkait dengan kinerja transformasi, yaitu (1) masukan mentah, (2) masukan instrumental, (3) masukan lingkungan , (4) proses transformasi itu sendiri, dan (5) keluaran, yaitu hasil dari transformasi.
Apabila evaluator meras kurang tepat atau masih menginginkan hal-hal yang ingin dievaluasi, silahkan mendaftar lagi hal-hal lain menurut kebutuhan. Beberapa hal yang perlu dibicarakan dalam objek evaluasi adalah: (1) penilaian dalam KBK, dan (2) penilaian tiga ranah psikologis.

mata kuliah: Pengembangan PKN di SD
dosen         : Dirgantara Wicaksono, M.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar