Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi
1. Pengertian pengukuran menurut para ahli
Ø
Menurut
(Wand and Brown, 1957:1) pengukuran adalah suatu tindakan atau proses untuk
memastikan luas atau kuantitas sesuatu.
Ø
Menurut
(Zainul dan Nasution, 2005:5) pengukuran adalah pemberian angka kepada suatu
atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau objek
tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas.
Ø
Menurut
(Wondt, Edwin, and G.W. Brown, 1957:1) pengukuran adalah suatu usaha untuk
mengetahui keadaan sesuatu seperti adanya yang dapat dikuantitaskan, hal ini
dapat diperoleh dengan jalan tes atau cara lain.
Kesimpulan dari
pengukuran adalah suatu proses untuk menentukan kuantitas sesuatu dengan pemberian angka dan dapat diperoleh melalui
jalan tes atau cara lain.
2. Pengertian penilaian menurut para ahli
Ø
Menurut
(Linn dan Gronlund, 1995:5) penilaian adalah suatu istilah umum yang meliputi
prosedur yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang belajar siswa
(observasi, rata-rata pelaksanaan tes tertulis) dan format penilaian kemajuan
belajar
Ø
Menurut
(Popham, 1995:6) penilaian adalah suatu proses atau upaya formal pengumpulan
informasi yang berkaitan variabel-variabel penting pembelajaran sebagai bahan
dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil
belajar siswa.
Ø
Menurut
(Asiaeuniversity,2012) penilaian adalah proses pengumpulan data kualitatif dan
kuantitatif yang dilakukan dengan sengaja di dalam ruang kelas.
Kesimpulan dari
penilainan adalah suatu usaha pengumpulan informasi tentang belajar siswa dengan
tujuan untuk dapat menentukan pencapaian hasil belajar siswa.
3. Pengertian evaluasi menurut para ahli
Ø
Menurut
(Kahan dan Goodstadt, 2005) evaluasi adalah rangkaian pertanyaan penelitian dan
metode yang diarahkan untuk meninjau proses, aktivitas, dan strategi dengan
maksud untuk diperbaiki agar mendapatkan hasil lebih baik dari sebelumnya.
Ø
Menurut
(Witherington, 1950:241) evaluasi adalah menentukan apakah sesuatu itu
mempunyai atau tidak mempunyai nilai.
Ø
Menurut
(Djaali dan Muljono, 2014:1) evaluasi adalah proses menilai sesuatu berdasarkan
kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan, yang selanjutnya diikuti dengan
pengambilan keputusan atas objek yang dievaluasi.
Kesimpulan dari
evaluasi adalah suatu proses untuk menentukan nilai,kriteria atau tindakan
dalam pembelajaran agar dapat memberi keputusan berdasarkan tujuan yang sudah
ditentukan.
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar