Rabu, 20 Mei 2015

Evaluasi Pembelajaran


Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi
1.      Pengertian pengukuran menurut para ahli
Ø  Menurut (Wand and Brown, 1957:1) pengukuran adalah suatu tindakan atau proses untuk memastikan luas atau kuantitas sesuatu.
Ø  Menurut (Zainul dan Nasution, 2005:5) pengukuran adalah pemberian angka kepada suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas.
Ø  Menurut (Wondt, Edwin, and G.W. Brown, 1957:1) pengukuran adalah suatu usaha untuk mengetahui keadaan sesuatu seperti adanya yang dapat dikuantitaskan, hal ini dapat diperoleh dengan jalan tes atau cara lain.

Kesimpulan dari pengukuran adalah suatu proses untuk menentukan kuantitas sesuatu dengan  pemberian angka dan dapat diperoleh melalui jalan tes atau cara lain.

2.      Pengertian penilaian menurut para ahli
Ø  Menurut (Linn dan Gronlund, 1995:5) penilaian adalah suatu istilah umum yang meliputi prosedur yang digunakan untuk mendapatkan informasi tentang belajar siswa (observasi, rata-rata pelaksanaan tes tertulis) dan format penilaian kemajuan belajar
Ø  Menurut (Popham, 1995:6) penilaian adalah suatu proses atau upaya formal pengumpulan informasi yang berkaitan variabel-variabel penting pembelajaran sebagai bahan dalam pengambilan keputusan oleh guru untuk memperbaiki proses dan hasil belajar siswa.
Ø  Menurut (Asiaeuniversity,2012) penilaian adalah proses pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dengan sengaja di dalam ruang kelas.

Kesimpulan dari penilainan adalah suatu usaha pengumpulan informasi tentang belajar siswa dengan tujuan untuk dapat menentukan pencapaian hasil belajar siswa.

3.      Pengertian evaluasi menurut para ahli
Ø  Menurut (Kahan dan Goodstadt, 2005) evaluasi adalah rangkaian pertanyaan penelitian dan metode yang diarahkan untuk meninjau proses, aktivitas, dan strategi dengan maksud untuk diperbaiki agar mendapatkan hasil lebih baik dari sebelumnya.
Ø  Menurut (Witherington, 1950:241) evaluasi adalah menentukan apakah sesuatu itu mempunyai atau tidak mempunyai nilai.
Ø  Menurut (Djaali dan Muljono, 2014:1) evaluasi adalah proses menilai sesuatu berdasarkan kriteria atau tujuan yang telah ditetapkan, yang selanjutnya diikuti dengan pengambilan keputusan atas objek yang dievaluasi.

Kesimpulan dari evaluasi adalah suatu proses untuk menentukan nilai,kriteria atau tindakan dalam pembelajaran agar dapat memberi keputusan berdasarkan tujuan yang sudah ditentukan.

Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD 
Dosen           : Dirgantara Wicaksono 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar